Pengalaman Salah Tittle / Gender Ditiket Pesawat

Salah gender di tiket pesawat itu kaya tebak-tebakan buah manggis, untung-untungan. Beruntung kalo ngga di cek sama petugas bandara dan dibolehin boarding. Ngga beruntung kalo ampe tiket kita di reject terus ngga boleh boarding. Jadi ceritanya, jum’at (27/3/2015) gw beli tiket pesawat tujuan JKT-KL, KL-Kuching, Pontianak-JKT buat gw ama pacar pakai apps travel agent dari handphone. Gw udah yakin banget masukin title yang benar waktu masukin data calon penumpang, secara dari hari-hari sebelumnya pembelian gw gagal karena credit card gw masih kliring, jadi datanya udah ada di apps itu tinggal klik aja. Mungkin juga faktor human error karena gw akses appsnya pagi buta abis subuhan jadi masih ngantuk, ngga bisa bedain mana title tuan mana title nyonya. Akibatnya, selesai pembayaran, pembelian berhasil dan tiket siap di print. Ternyataaaaaahhhh tiket pacar gw salah gender disitu ditulis Mr. Do’i kan cewek. Panik donk gw!

Singkat cerita gw udah nyampe kantor dan mulai browsing-browsing tuh apa akibatnya kalau ada kesalahan gender di tiket. Buka forum sana-sini, akibat terburuknya bisa ampe gagal terbang karena tiketnya di reject. Akhirnya gw tanya temen gw yang kebetulan kerja di maskapai, itu benaarrrr, pemirsa! Sebenarnya sih, selama ini gw jarang diminta KTP kalau mau check in rute nasional. Tinggal tunjukkin tiket, dapet boarding pass deh ciaow bella, cuss! Ngga tahu deh petugasnya gw cewe apa cowok. Lah ini rute internasional, beli tiketnya 3 maskapai yang berbeda lagi (secara promo hunter), makin parno donk! Amit-amit jabang baby kalo ampe ngga bisa terbang!
Mari kita mulai petualangan betulin tiket ini, 3 maskapai yang gw pesan tiketnya adalah Air Asia (JKT-KL), Malindo Air (anaknya Lion Air, KL-Kuching) dan Kalstar (Pontianak- JKT). Pertama, gw telpon travel agent yang punya apps ini berharap peruntungan do’i bisa betulin ini tiket yang kadung salah. Ternyata harapan gw sirna, malah diminta ngehubungin maskapainya satu persatu, Pe eR!  Tak lupa gw minta donk nomor customer servicenya masing-masing maskapai biar ngga buang-buang waktu survei satu-satu. Maskapai pertama, Lion Air! Selamat datang dilayanan lion group, tekan 1 untuk ini, tekan 2 untuk itu, dll. Dan akhirnya gw diminta untuk menunggu CS yang bersedia melayani gw, 1,2,3,…10 menit berlalu ngga ada yang ngangkat men! Di PHP-in gw! Gw browsing lagi dan ternyata mending langsung dateng ke gedung lion air yang di harmoni langsung (nanti bagian ini bersambung, ya!) Maskapai kedua, Air Asia, pencet sana-sini, alhamdulillah bisa nyambung sama mbak-mbak Csnya, diminta ngirimin scan passport ke Indonesia-suttdoc@airasia.com dengan subjek kode booking (spasi) salah gender dan emailnya MENTAL karena email ngga terdaftar, gw coba lagi ampe 5 kali dan tetap aja mental dan gak terkirim. Ini mungkin kuping gw yang salah dengar jadinya misspelling atau gimana gw ngga tahu. Masalah ini masih menggantung! Maskapai ketiga, Kal Star! Langsung ditelepon nomernya, pencet sana-sini Cuma tunggu benter banget terus tersambung dengan mbak CSnya. Tinggal bilang kode bookingnya terus minta ubah gender, tiket langsung di remarks kesalahan gendernya dan tiket yang udah di remarks langsung dikirim via email, Beres! Seneng banget gw, meskipun Kal Star maskapai baru tapi layanannya cepat dan tanggap. Bangga gw, tepuk dada!

Karena urusan 2 maskapai, Air Asia dan Malindo Air masih menggantung, masalah ini gw teruskan sampai hari Sabtu (28/3/2015). Berdasarkan hasil riset dari baca-baca online forum, akhirnya gw memutuskan buat cauw ke gedung Lion Air yang di Harmoni buat minta betulin ini tiket. Sesampainya di sana langsung di layani sama mbak-mbak chubby. Diminta tiketnya sama paspor, terus do’i ambil kalkulator dan bilang kena charge mas Rp. 65.000,- Buseeettt hari gini masih kena charge aja, tinggal ubah di tiketnya susah amat mbak. Gw bilang literally seperti itu ke mbaknya, laluuuuu beliau bilang gimana ya mas disini peraturannya kaya gitu. Yaudah deh, akibat parno takut ngga bisa terbang, bayar dahh bayaarrr. Diminta nunggu sama itu mbak chubby 20 menit, 20 menit belum juga selesai dia bilang mas kalau mau ditinggal juga ngga papa, keliatan banget do’i pengen ninggalin gw makan siang karena waktu itu pas jam 12:00 teng, nggak mau mbak ahh, capek muter-muter ntar saya bolak-balik kesini, di luar panas, macet lagi! Mbak telpon gih itu yang ngebenerin tiket, digimanain gitu biar urusannya cepet. Dalam hati, “Enak aja, gw juga laper coy!”. Do’i bolak-balik keruangan call center buat nelpon pihak Lionnya dan gak diangkat. Balik ke meja dengan muka memelas sambil bilang, ngga diangkat mas. Gw bales, emang urusannya gimana sih mbak ampe lama begini? Si mbak chubby bilang, ini yang nangani langsung pusatnya Lion air yang di Balaraja mas.  Disana kantornya cuma buka weekdays doank, kalo weekend gini yang masuk buat yang mau aja, ini saya telepon dari tadi ngga diangkat. Kayanya ngga ada orang deh dikantornya. Kalau mas mas, mas ke Balaraja aja atau bisa ditinggal dulu. Berang donk gw, ke Balajara? Bukannya disini kantor pusat Lion Air ya mbak? Kok bisa ya maskapai segede Lion Air begini ngubah tiket aja harus lempar sana-sini, buat apa disitu ada customer service satu lantai khusus kalo ngga bisa nangani kaya gini. Masa kalah ama Kal Star yang bisa selesai dalam beberapa menit, sih! Gw ngga mau pergi dan gw tongkrongin itu kursi ampe urusan ini selesai. Laper tinggal laper deh lo mbak. Ternyata 20 menit itu berubah jadi satu jam, karena yang ngerespon email di Balaraja sana lagi makan siang! What?? Jadi gw duduk disini dari tadi nungguin orang makan siang doang??? Bayangin dalam satu jam banyak hal yang bisa gw lakuin, Kesel, gw! Selesai di approve, akhirnya dikasih kode booking baru dan tiket baru (yang ngga ada warnanya, persis kaya telegram). Tiketnya tiket cetak looh, ngga bisa dikirim via email. Jadi kalau tiketnya hilang, bye-bye cantik deh ngga jadi terbang!

Lanjut ke Air Asia, Layanan Customer Air Asia bisa lo jumpai di gedung Sarinah Plaza lantai LG. Langsung ke mbak CSnya, terus diminta paspor sama tiketnya . Paspornya di scan, diminta alamat email, bisa ditinggal dan selesai! Sejam kemudian, tiket baru masuk ke email dengan title yang baru! Selesai sudah semua urusan, ngga seribet di Lion Air kan?

Ini tips buat kamu yang mungkin “bakal” mengalami kejadian yang sama ama gw.
1.       Lebih berhati-hati saat beli tiket online, bisa lewat PC atau Apps. Baca ulang kalau perlu, salah eja ngga namanya, benar ngga gender titlenya. Ingat, kemungkinan terburuk bisa batal terbang, terlebih itu rute international
2.       Do research, coba googling permasalahan yang lo “bakal” alami ini. Siapa tahu ada orang yang pernah mengalaminya. Lo bisa buka forum atau blog-blog yang ada.
3.       Telepon agent tempat kamu memesan dan minta nomor CS maskapainya. In case, mereka ngga bisa menolong langsung. Syukur alhamdulillah kalo bisa ditangani sama agentnya, fee lagi.
4.       Kritislah kalau minta tambahan biaya ini itu, karena beberapa maskapai memberikan layanan ini secara cuma-Cuma. Kritis juga saat mereka melayani lo dalam waktu yang lama, ini bisa jadi masukan buat maskapainya untuk melayani customer agar lebih baik lagi.
5.       Usahakan tiket baru dikirim via email supaya kamu punya back up, jikalau amit-amit tiket kamu nyampe hilang dikemudian hari.

6.       Ini sih opsional, berhubung nomor Customer Service itu biasanya bukan nomor hape. Rugi bandar dong kalo nelpon langsung dari hape kamu. Gunakan telepon kantor! Because I did it hehehehehehehe


Komentar

  1. itu kondisi tiketnya sudah dibayar dan issued atau belum? karena kemarin saya hubungi salah satu maskapai katanya kalau sudah dibayar tidak bisa dikoreksi :(

    BalasHapus
  2. wkwkwkwka.. saya biasa dlm kota ga masalah salah title. #mrs.(cwok)
    pas terbng int baru nGe..
    untung air asia ga ribet#kalau baca artikel ini. besok saya mau praktek deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry mau tanya.
      Untuk penerbangan domestik lain salah gender bermasalah gak?

      Hapus
  3. Assalamualaikum mau tanya kalau pesan tiket pesawat online di traveloka kan ada pengisia data penumabg di titlenya ada nona ataupun nyonya. Nah say pilih nyonya padahal saya belum mebikah seharusbya nona. Apakah kesalahan nyinya dan nina tidak bermasalah? Mohon sharingnya

    BalasHapus
  4. Saya jg bingung mba masalah tentang nyonya dan nona kalau wanita yg berumur 20 dan belum menikah itu kita menggunakan title yg nyonya atau nona

    BalasHapus
  5. setau gue ya kalo masalah nyonya dan nona gakpapa kan intinya sama aja cewek pihak bandaragak bakal nanya udh nikah atau blm juga kan ? ;) intinya gender nya M/F

    BalasHapus
  6. Ass. Mau nanya sya kmrin habis boking tiket pas sdh tf bru lihat trnyta data yg sy masukan tuan harusnya nona. Mohon infonya.

    BalasHapus
  7. Saya pake air asia. Baru ngeh kalo salah gender. Toi ini di malaysia gmna ya, mohon pencerahan nya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer