Pengalaman Salah Tittle / Gender Ditiket Pesawat
Salah gender di tiket pesawat itu
kaya tebak-tebakan buah manggis, untung-untungan. Beruntung kalo ngga di cek
sama petugas bandara dan dibolehin boarding. Ngga beruntung kalo ampe tiket
kita di reject terus ngga boleh
boarding. Jadi ceritanya, jum’at (27/3/2015) gw beli tiket pesawat tujuan
JKT-KL, KL-Kuching, Pontianak-JKT buat gw ama pacar pakai apps travel agent
dari handphone. Gw udah yakin banget masukin title yang benar waktu masukin
data calon penumpang, secara dari hari-hari sebelumnya pembelian gw gagal
karena credit card gw masih kliring, jadi datanya udah ada di apps itu tinggal
klik aja. Mungkin juga faktor human error karena gw akses appsnya pagi buta
abis subuhan jadi masih ngantuk, ngga bisa bedain mana title tuan mana title
nyonya. Akibatnya, selesai pembayaran, pembelian berhasil dan tiket siap di
print. Ternyataaaaaahhhh tiket pacar gw salah gender disitu ditulis Mr. Do’i kan
cewek. Panik donk gw!
Singkat cerita gw udah nyampe
kantor dan mulai browsing-browsing tuh apa akibatnya kalau ada kesalahan gender
di tiket. Buka forum sana-sini, akibat terburuknya bisa ampe gagal terbang
karena tiketnya di reject. Akhirnya gw tanya temen gw yang kebetulan kerja di
maskapai, itu benaarrrr, pemirsa! Sebenarnya sih, selama ini gw jarang diminta
KTP kalau mau check in rute nasional. Tinggal tunjukkin tiket, dapet boarding
pass deh ciaow bella, cuss! Ngga tahu deh petugasnya gw cewe apa cowok. Lah ini
rute internasional, beli tiketnya 3 maskapai yang berbeda lagi (secara promo
hunter), makin parno donk! Amit-amit jabang baby kalo ampe ngga bisa terbang!
Mari kita mulai petualangan betulin
tiket ini, 3 maskapai yang gw pesan tiketnya adalah Air Asia (JKT-KL), Malindo
Air (anaknya Lion Air, KL-Kuching) dan Kalstar (Pontianak- JKT). Pertama, gw
telpon travel agent yang punya apps ini berharap peruntungan do’i bisa betulin
ini tiket yang kadung salah. Ternyata harapan gw sirna, malah diminta ngehubungin
maskapainya satu persatu, Pe eR! Tak
lupa gw minta donk nomor customer servicenya masing-masing maskapai biar ngga
buang-buang waktu survei satu-satu. Maskapai pertama, Lion Air! Selamat datang
dilayanan lion group, tekan 1 untuk ini, tekan 2 untuk itu, dll. Dan akhirnya
gw diminta untuk menunggu CS yang bersedia melayani gw, 1,2,3,…10 menit berlalu
ngga ada yang ngangkat men! Di PHP-in gw! Gw browsing lagi dan ternyata mending
langsung dateng ke gedung lion air yang di harmoni langsung (nanti bagian ini
bersambung, ya!) Maskapai kedua, Air Asia, pencet sana-sini, alhamdulillah bisa
nyambung sama mbak-mbak Csnya, diminta ngirimin scan passport ke Indonesia-suttdoc@airasia.com
dengan subjek kode booking (spasi) salah gender dan emailnya MENTAL karena
email ngga terdaftar, gw coba lagi ampe 5 kali dan tetap aja mental dan gak
terkirim. Ini mungkin kuping gw yang salah dengar jadinya misspelling atau
gimana gw ngga tahu. Masalah ini masih menggantung! Maskapai ketiga, Kal Star!
Langsung ditelepon nomernya, pencet sana-sini Cuma tunggu benter banget terus
tersambung dengan mbak CSnya. Tinggal bilang kode bookingnya terus minta ubah
gender, tiket langsung di remarks kesalahan gendernya dan tiket yang udah di
remarks langsung dikirim via email, Beres! Seneng banget gw, meskipun Kal Star
maskapai baru tapi layanannya cepat dan tanggap. Bangga gw, tepuk dada!
Karena urusan 2 maskapai, Air Asia
dan Malindo Air masih menggantung, masalah ini gw teruskan sampai hari Sabtu
(28/3/2015). Berdasarkan hasil riset dari baca-baca online forum, akhirnya gw
memutuskan buat cauw ke gedung Lion Air yang di Harmoni buat minta betulin ini
tiket. Sesampainya di sana langsung di layani sama mbak-mbak chubby. Diminta tiketnya
sama paspor, terus do’i ambil kalkulator dan bilang kena charge mas Rp.
65.000,- Buseeettt hari gini masih kena charge aja, tinggal ubah di tiketnya
susah amat mbak. Gw bilang literally seperti itu ke mbaknya, laluuuuu beliau
bilang gimana ya mas disini peraturannya kaya gitu. Yaudah deh, akibat parno
takut ngga bisa terbang, bayar dahh bayaarrr. Diminta nunggu sama itu mbak
chubby 20 menit, 20 menit belum juga selesai dia bilang mas kalau mau ditinggal
juga ngga papa, keliatan banget do’i pengen ninggalin gw makan siang karena
waktu itu pas jam 12:00 teng, nggak mau mbak ahh, capek muter-muter ntar saya
bolak-balik kesini, di luar panas, macet lagi! Mbak telpon gih itu yang
ngebenerin tiket, digimanain gitu biar urusannya cepet. Dalam hati, “Enak aja,
gw juga laper coy!”. Do’i bolak-balik keruangan call center buat nelpon pihak
Lionnya dan gak diangkat. Balik ke meja dengan muka memelas sambil bilang, ngga
diangkat mas. Gw bales, emang urusannya gimana sih mbak ampe lama begini? Si mbak
chubby bilang, ini yang nangani langsung pusatnya Lion air yang di Balaraja
mas. Disana kantornya cuma buka weekdays
doank, kalo weekend gini yang masuk buat yang mau aja, ini saya telepon dari
tadi ngga diangkat. Kayanya ngga ada orang deh dikantornya. Kalau mas mas, mas
ke Balaraja aja atau bisa ditinggal dulu. Berang donk gw, ke Balajara? Bukannya
disini kantor pusat Lion Air ya mbak? Kok bisa ya maskapai segede Lion Air
begini ngubah tiket aja harus lempar sana-sini, buat apa disitu ada customer
service satu lantai khusus kalo ngga bisa nangani kaya gini. Masa kalah ama Kal
Star yang bisa selesai dalam beberapa menit, sih! Gw ngga mau pergi dan gw
tongkrongin itu kursi ampe urusan ini selesai. Laper tinggal laper deh lo mbak.
Ternyata 20 menit itu berubah jadi satu jam, karena yang ngerespon email di
Balaraja sana lagi makan siang! What?? Jadi gw duduk disini dari tadi nungguin
orang makan siang doang??? Bayangin dalam satu jam banyak hal yang bisa gw
lakuin, Kesel, gw! Selesai di approve, akhirnya dikasih kode booking baru dan
tiket baru (yang ngga ada warnanya, persis kaya telegram). Tiketnya tiket cetak
looh, ngga bisa dikirim via email. Jadi kalau tiketnya hilang, bye-bye cantik
deh ngga jadi terbang!
Lanjut ke Air Asia, Layanan
Customer Air Asia bisa lo jumpai di gedung Sarinah Plaza lantai LG. Langsung ke
mbak CSnya, terus diminta paspor sama tiketnya . Paspornya di scan, diminta
alamat email, bisa ditinggal dan selesai! Sejam kemudian, tiket baru masuk ke
email dengan title yang baru! Selesai sudah semua urusan, ngga seribet di Lion
Air kan?
Ini tips buat kamu yang mungkin “bakal”
mengalami kejadian yang sama ama gw.
1. Lebih
berhati-hati saat beli tiket online, bisa lewat PC atau Apps. Baca ulang kalau
perlu, salah eja ngga namanya, benar ngga gender titlenya. Ingat, kemungkinan
terburuk bisa batal terbang, terlebih itu rute international
2. Do
research, coba googling permasalahan yang lo “bakal” alami ini. Siapa tahu ada
orang yang pernah mengalaminya. Lo bisa buka forum atau blog-blog yang ada.
3. Telepon
agent tempat kamu memesan dan minta nomor CS maskapainya. In case, mereka ngga
bisa menolong langsung. Syukur alhamdulillah kalo bisa ditangani sama agentnya,
fee lagi.
4. Kritislah
kalau minta tambahan biaya ini itu, karena beberapa maskapai memberikan layanan
ini secara cuma-Cuma. Kritis juga saat mereka melayani lo dalam waktu yang
lama, ini bisa jadi masukan buat maskapainya untuk melayani customer agar lebih
baik lagi.
5. Usahakan
tiket baru dikirim via email supaya kamu punya back up, jikalau amit-amit tiket
kamu nyampe hilang dikemudian hari.
itu kondisi tiketnya sudah dibayar dan issued atau belum? karena kemarin saya hubungi salah satu maskapai katanya kalau sudah dibayar tidak bisa dikoreksi :(
BalasHapuswkwkwkwka.. saya biasa dlm kota ga masalah salah title. #mrs.(cwok)
BalasHapuspas terbng int baru nGe..
untung air asia ga ribet#kalau baca artikel ini. besok saya mau praktek deh..
Sorry mau tanya.
HapusUntuk penerbangan domestik lain salah gender bermasalah gak?
Assalamualaikum mau tanya kalau pesan tiket pesawat online di traveloka kan ada pengisia data penumabg di titlenya ada nona ataupun nyonya. Nah say pilih nyonya padahal saya belum mebikah seharusbya nona. Apakah kesalahan nyinya dan nina tidak bermasalah? Mohon sharingnya
BalasHapusSaya jg bingung mba masalah tentang nyonya dan nona kalau wanita yg berumur 20 dan belum menikah itu kita menggunakan title yg nyonya atau nona
BalasHapussetau gue ya kalo masalah nyonya dan nona gakpapa kan intinya sama aja cewek pihak bandaragak bakal nanya udh nikah atau blm juga kan ? ;) intinya gender nya M/F
BalasHapusAss. Mau nanya sya kmrin habis boking tiket pas sdh tf bru lihat trnyta data yg sy masukan tuan harusnya nona. Mohon infonya.
BalasHapusSaya pake air asia. Baru ngeh kalo salah gender. Toi ini di malaysia gmna ya, mohon pencerahan nya
BalasHapus